PENGARUH NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KESUKAAN PADA RUMAH SAKIT, DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA NIAT BEROBAT ULANG DIRUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH CEPU

Susilowati, Wahyuni (2017) PENGARUH NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KESUKAAN PADA RUMAH SAKIT, DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA NIAT BEROBAT ULANG DIRUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH CEPU. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi Surakarta.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
SKRIPSI WAHYUNI SUSILOWATI (11130247L).pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan umum penulisan skripsi ini adalah untuk mengkonstruksi model yang dapat menjelaskan niat berobat ulang di rumah sakit PKU Muhammadiyah Cepu. Sedangkan secara spesifik, terdapat empat tujuan yang diharapkan, yaitu menjelaskan pengaruh (1) nilai yang dipersepsikan pada kesukaan pada rumah sakit, (2) nilai yang dipersepsikan pada kepuasan pelanggan, (3) kesukaan pada rumah sakit pada niat berobat ulang, (4) kepuasan pelanggan pada niat berobat ulang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan cara mewawancarai responden secara langsung yang dipandu dengan kuesioner yang didesain. Adapun pungujian statistik yang digunakan adalah structural equation model (SEM). SEM digunakan sebagai alat analisis karena (1) dapat mengestimasi hubungan dependen ganda yang saling berkaitan, dan (2) kemampuannya untuk mengakomodasi seperangkat hubungan antar variabel independen dengan variabel dependen serta mengungkap variabel laten. Hasil pengujian yang diperoleh mengindikasi hubungan yang positif dan signifikan antar variabel dalam empat interaksi hubungan, yaitu: (1) nilai yang dipersepsikan dengan kesukaan pada rumah sakit (CR= 5,805), (2) nilai yang dipersepsikan dengan kepuasan pelanggan (CR= 8,314), (3) kesukaan pada rumah sakit dengan niat berobat ulang (CR= 5,968), (4) kepuasan pelanggan dengan niat berobat ulang (CR= 6,422) iii Hubungan yang positif dan signifikan antar variabel mengindikasi terdapat pengaruh yang positif antar variabel. Sedangkan hubungan yang tidak signifikan mengindikasi bahwa tidak terdapat pengaruh antar variabel. Adapun stimulus pemasaran yang dapat dilakukan adalah (1) mengoptimalkan kepuasan pasien melalui peningkatan kualitas pelayanan, dan (2) mengoptimalkan produk-produk dalam rumah sakit sehingga kecenderungan konsumen dalam berobat ulang dapat meningkat. Kata kunci: nilai yang dipersepsikan, kesukaan pada rumah sakit, kepuasan pelanggan, niat berobat ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: nilai yang dipersepsikan, kesukaan pada rumah sakit, kepuasan pelanggan, niat berobat ulang.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi S1 Manajemen
Depositing User: Herera Gadys USB
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:34
Last Modified: 22 Feb 2019 07:34
URI: http://repository.setiabudi.ac.id/id/eprint/90

Actions (login required)

View Item View Item