IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) ANTIBIOTIK PADA PASIEN BALITA DAN ANAK DEMAM TIFOID DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SURAKARTA TAHUN 2017, SKRIPSI, FAKULTAS FARMASI, UNIVERSITAS SETIA BUDI, SURAKARTA.

Widyastuti, Ajeng Novita (2018) IDENTIFIKASI DRUG RELATED PROBLEMS (DRPs) ANTIBIOTIK PADA PASIEN BALITA DAN ANAK DEMAM TIFOID DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA SURAKARTA TAHUN 2017, SKRIPSI, FAKULTAS FARMASI, UNIVERSITAS SETIA BUDI, SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi Surakarta.

[img] Text
INTISARI_ABSTRACT.pdf

Download (92kB)
[img] Text
SKRIPSI Ajeng Novita Widyastuti ( 19154696 A ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Demam tifoid adalah suatu penyakit infeksi sistemik bersifat akut yang disebabkan oleh bakteri gram negatif Salmonella typhii. Pilihan terapi pada sebagian besar kasus demam tifoid adalah menggunakan antibiotik. Antibiotik bekerja untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri penggunaan antibiotik yang tidak sesuai aturan pakainya dapat menyebabkan resistensi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui drug related problems (DRPs) yang terjadi pada pasien balita dan anak demam tifoid yang meliputi interaksi obat, obat tidak tepat, dosis kurang dan dosis lebih. Metode pengambilan data diambil secara retrospektif. Populasi penelitian ini adalah semua pasien balita dan anak yang dirawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kota Surakarta tahun 2017. Sampel penelitian ini adalah data rekam medik pasien balita dan anak demam tifoid dari bulan Januari-Desember 2017 yang sesuai dengan kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan dari total 84 pasien, berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 5 tahun 2014 obat tidak tepat 0%, dosis kurang 0% dan dosis lebih 50%. Berdasarkan Gudelines for the Management of Typhoid Fever tahun 2011 terdapat 5,9% obat tidak tepat, 4,8% dosis kurang dan 14,3% dosis lebih. Interaksi obat tidak ditemukan 0%. Dari hasil penelitian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa banyaknya jumlah kejadian drug related problems (DRPs) yang terjadi pada pasien balita dan anak demam tifoid mempengaruhi tercapainya outcome klinik membaik. Kata kunci : demam tifoid, antibiotik, drug related problems, balita dan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: demam tifoid, antibiotik, drug related problems, balita dan anak.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Prodi S1 Farmasi
Depositing User: Tifany Nur Arfiana
Date Deposited: 15 Feb 2019 11:51
Last Modified: 15 Feb 2019 11:51
URI: http://repository.setiabudi.ac.id/id/eprint/4

Actions (login required)

View Item View Item