ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) 2011-2014

Afria, Yuwik (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN TRANSFER PRICING PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) 2011-2014. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi Surakarta.

[img] Text
SARI YUWIK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
SKRIPSI YUWIK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pajak, mekanisme bonus, dan kepemilkan asing terhadap keputusan transfer pricing pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011-2014. Transfer pricing didefenisikan sebagai suatu harga jual khusus yang dipakai dalam pertukaran antardivisional untuk mencatat pendapatan divisi penjual dan biaya divisi pembeli. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data arsip sekunder. Data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur (2011-2014) yang bersumber dari www.idx.co.id. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis binary logistic regression. Populasi pada penelitian ini adalah 130 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2011-2014. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 33 perusahaan. Hasil dari pengolahan data dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: ada pengaruh variable pajak, mekanisme bonus, dan kepemilkan asing terhadap variable transfer pricing dengan nilai Koefisien determinasi 18.4% yang mencerminkan variasi dari pajak, mekanisme bonus, dan kepemilkan asing mempengaruhi keputusan transfer pricing. Pengaruh pajak dan skema bonus juga signifikan secara statistik mempengaruhi harga transfer, dengan tingkat signifikansi masing-masing sebesar 0.035 dan 0.046 yang lebih kecil dari 0.05. variabel kepemilkan asing tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan transfer pricing dengan nilai signifikasi sebesar 0.437 jauh diatas 0.05. Temuan memberikan peluang kepada peneliti selanjutnya untuk meneliti pengaruh dari setiap variabel lain terhadap keputusan transfer pricing. Kata kunci: pajak,skema bonus kepemilikan asing, transfer pricing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: pajak,skema bonus kepemilikan asing, transfer pricing.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi S1 Akuntansi
Depositing User: Herera Gadys USB
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:12
Last Modified: 22 Feb 2019 07:12
URI: http://repository.setiabudi.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item