PARTISIPASI PENGANGGARAN SEBAGAI MEDIASI HUBUNGAN PLURIFROM MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) KOTA SURAKARTA

Fatmawati, Yarni (2017) PARTISIPASI PENGANGGARAN SEBAGAI MEDIASI HUBUNGAN PLURIFROM MOTIVASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) KOTA SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Setia Budi Surakarta.

[img] Text
SARI DAN ABSTRAC.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SKRIPSI YARNI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh partisipasi penyusunan anggaran sebagai mediasi hubungan pluriform motivasi terhadap kinerja karyawan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Surakarta. Variabel dependen yang digunakan pada penelitian ini adalah kinerja karyawan. variabel indipenden pada penelitian ini adalah motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik otonom, dan motivasi ekstrinsik dikendalikan. Kemudian variabel mediasi adalah partisipasi penyusunan anggaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang terlibat dalam proses penyusunan anggaran minimal 1 tahun kerja pada Sekretaiat Daerah, Badan, Dinas dan Inspektorat di OPD Kota Surakarta dengan banyak responden sejumlah 142 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Motivasi intrinsik berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran, 2) Motivasi ekstrinsik otonom tidak berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran, 3) Motivasi ekstrinsik dikendalikan berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran, 4) Motivasi intrinsik tidak berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran, 5) Motivasi ekstrinsik otonom berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran, 6) Motivasi ekstrinsik dikendalikan tidak berpengaruh terhadap partisipasi penyusunan anggaran. Kata Kunci : Partisipasi Anggaran, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik Otonom, Motivasi Ekstrinsik Dikendalikan, Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Partisipasi Anggaran, Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik Otonom, Motivasi Ekstrinsik Dikendalikan, Kinerja Karyawan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Prodi S1 Akuntansi
Depositing User: Herera Gadys USB
Date Deposited: 22 Feb 2019 07:12
Last Modified: 22 Feb 2019 07:12
URI: http://repository.setiabudi.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item